PEMERIKSAAN DARAH LENGKAP (HEMATOLOGI)

Assalamu'alaikum wr wb

Teman-teman kali ini saya akan berbagi mengenai pemeriksaan darah lengkap yang dilakukan di laboratorium. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat gambaran dan jumlah sel yang ada dalam darah pasien, sehingga nantinya dokter dapat dengan tepat mendiagnosa suatu penyakit yang diderita oleh pasien. pemeriksaan darah lengkap merupakan pemeriksaan yang paling sering dilakukan di laboratorium medis.

Pada pemeriksaan darah lengkap terdapat beberapa sel darah yang diperiksa antara lain: sel darah puith (leukosit), hitung jenis sel leukosit, sel darah merah (eritrosit), hemoglobin, trombosit dan masih banyak lagi. diantara yang saya tulis merupakan pemeriksaan darah lengkap yang secara umum sering dilakukan di laboratorium medis

Pemeriksaan darah lengkap merupakan suatu pemmeriksaan yang dilakukan untuk melihat gambaran secara umum tentang sel-sel darah yang mengalami peningkatan atau penurunan. Biasanya pemeriksaan ini sering diminta oleh dokter untuk memeriksakan darah pasien yang mengalami demam berdarah, infeksi saluran kencing dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Darah Lengkap terdiri dari:

1. Sel Darah Putih (Leukosit)

    Sel darah putih atau yang disebut leukosit merupakan sel darah yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh dan jumlah normalnya di dalam darah antara 4000-11000 sel darah putih dalam darah. Apabila terjadi peningkatan jumlah leukosit dalam darah maka dicurigai adanya infeksi.

2. Sel Darah Merah (Eritrosit)
    
    Sel darah merah atau yang disebut eritrosit merupakan sel darah yang berfungsi sebagai pengantar sari-sari makanan ke selurruh tubuh. Nilai normalnya di dalam tubuh berkisar 5 juta sel darah merah dalam darah.

3. Hemoglobin (Hb)

    Hemoglobin mengandung metaloprotein yakni protein yang mengandung zat besi dan berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Nilai normalnya dalam darah berkisar antara 12,0-15,0 g/dl. Penyakit kekurangan hemoglobin disebut anemia.

4. Trombosit (Keping-keping Darah)

    Trombosit atau yang disebut keping-keping darah berfungsi untuk menutupi bagian yang terjadi peradangan atau luka sehingga dapat mencegah terjadinya perdarahan pada pasien. Nilai normalnya dalam darah antara 150.000-400.000.

Demikianlah artikel saya mengenai pemeriksaan darah lengkap semoga dapat menjadi referensi buat teman-teman yang ingin belajar mengenai hematologi. untuk pembahasan selanjutnya mengenai hitung jenis sel leukosit ditunggu ya :)


0 Response to "PEMERIKSAAN DARAH LENGKAP (HEMATOLOGI)"

Post a Comment